Pengikut

Selasa, 06 September 2016

Nugget Ayam



Anak - anak paling suka kalo makan nugget ayam. Sekali goreng biasanya langsung habis tanpa sisa. Kalo dibelain beli nugget yang kemasan, bisa - bisa jatah uang belanja sebulan habis buat beli nugget terus, Hahaha ....

Daripada beli yang kemasan selain mehong (qiqiqi....) kayaknya juga kurang higenis yaa ... buat anak - anak kita. Sebagai ibu juga ngati - ngati dong untuk kesehatan anak - anak kita (tul nggak ...)

Ya udah, hari minggu kemarin mumpung hari libur, aku buatin nugget ayam agak banyak karena biar bisa sekalian buat bekal anak - anak waktu sekolah. Kan nuggetnya bisa kita simpan di frezer, jadi kalo pas pingin makan nugget, tinggal ambil di frezer langsung goreng, jadi deh .... Praktis kan ... 




Resep yang aku gunakan milik mbak Ricke Indriani

NUGGET AYAM

Bahan  :
500 gram fillet ayam, giling hingga halus
1 buah wortel ukuran besar, diserut kasar
50 gram tepung panir
25 gram maizena
4 butir telur, kocok lepas
6 siung bawang putih, haluskan
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
1,5 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk


Bahan pelapis  :
Putih telur atau telur utuh, kocok lepas
Tepung maizena
Tepung panir kasar

Minyak goreng untuk menggoreng

Loyang persegi bisa ukuran 10x30x4 cm


Cara membuat  :
1. Panaskan kukusan dan alasi loyang dengan plastik tahan panas (aku pake plastik kiloan / buat bungkus sayur), lalu olesi minyak goreng tipis - tipis.
2. Masukkan semua bahan nugget dalam satu wadah, campur dan aduk rata
3. Tuang dalam loyang, ratakan
4. Kukus sekitar 20 - 30 menit. Test tusuk hingga lidi tidak lengket / lembek
5. Dinginkan, lalu keluarkan dari loyang dan potong - potong sesuai selera
6. Balur nugget dengan maizena, gulingkan ke putih telur lalu balur dengan tepung panir. Lakukan hingga habis
7. Simpan nugget dalam frezer terlebih dahulu biar tepung panir lengket dengan sempurna.
8. Panaskan minyak dalam wajan, goreng nugget dengan api sedang hingga kuning kecoklatan. Angkat dan sajikan.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar