Pengikut

Selasa, 14 Januari 2014

Jembatan Suramadu ( Surabaya - Madura )



     Wisata kali ini kita jalan - jalan ke Jembatan Suramadu yuukk ... Ini rentetan jalan - jalanku setelah berwisata ke Wisata Bahari Lamongan ( WBL ). Sampai di Jembatan Suramadu sudah menjelang sore. Jembatan Suramadu ini merupakan jembatan kebanggaan khususnya buat warga Jawa Timur - Madura dan juga kebanggaan masyarakat Indonesia pada umumnya.


     Nama lengkap jembatan ini sebenarnya adalah Jembatan Nasional Suramadu, tapi untuk mudahnya banyak masyarakat yang menyebutnya hanya Jembatan Suramadu saja. Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa ( di Surabaya ) dan Pulau Madura ( di Bangkalan ) merupakan dua pulau di Indonesia. Dengan panjang 5.438 meter dengan lebar kurang lebih 30 meter. Jembatan ini menyediakan empat lajur dua arah selebar 3,5 meter dengan dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Jembatan ini juga menyediakan lajur khusus bagi pengendara sepeda motor di setiap sisi luar jembatan. ( sumber : Wikipedia Indonesia )




     Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah. ( sumber : Wikipedia Indonesia )




     Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tanggal 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 10 Juni 2009. (sumber : Wikipedia Indonesia)




     Tetapi sekarang, Jembatan Suramadu tidak hanya sebagai jembatan penghubung saja antara Surabaya dan Madura, tetapi juga sebagai tempat pariwisata Jawa Timur yang sangat terkenal. Banyak wisatawan lokal yang berkunjung ke jembatan ini hanya untuk menyeberang saja guna melihat jembatan ini secara langsung.




     Jembatan Suramadu sangat cantik dan begitu indah jika dilihat pada malam hari. Karena dihiasi oleh banyak lampu jalan sepanjang jembatan ini dan juga sorotan lampu warna warni yang bisa bergonta ganti warnanya. Mata ini dibuat takjub oleh keindahan sorotan lampu di sepanjang Jembatan Suramadu.




     Pada awal difungsikannya Jembatan Suramadu ini, kita masih diperbolehkan untuk berhenti di sepanjang jembatan, sehingga banyak pemakai jalan baik mobil maupun pengendara sepeda motor yang berhenti sekedar untuk mengabadikan keindahan Jembatan Suramadu yang memang sangat indah. Termasuk aku waktu dulu pertama kali ke jembatan ini, pernah juga berhenti di sisi tengah jembatan untuk sekedar berfoto - foto. Sedang wisataku yang sekarang adalah yang ketiga kalinya aku ke Jembatan Suramadu dan ternyata sudah tidak diperbolehkan lagi untuk berhenti di sepanjang jembatan, mungkin dikarena arus lalu lintasnya yang sekarang sudah semakin ramai dan sangat berbahaya jika ada kendaraan yang berhenti di sepanjang jembatan.




     Semua gambar di atas bukanlah hasil jepretanku, tetapi gambar dari berbagai sumber, karena sangat sulit untuk mengambil gambar secara jelas dan fokus di dalam bus yang aku tumpangi yang sedang berjalan / bergerak.




     Kalau yang ini adalah gambar hasil jepretanku, kebetulan bus pariwisata yang aku naiki lajunya agak pelan, sehingga aku bisa mengabadikan Jembatan Suramadu dari balik kaca bus. Hanya dua foto yang bisa dilihat, sedangkan yang lainnya pudar dan berupa bayangan saja, karena sangat sulit mengambil gambar di dalam bus yang sedang bergerak.




     Setelah menyeberangi Jembatan Suramadu, kita sudah sampai di Pulau Madura dan di sepanjang jalan setelah Jembatan Suramadu tepatnya di kiri - kanan jalan, kita akan disuguhi pemandangan aneka macam dan ragam jualan sovenir dan makanan khas Madura. Senang juga sih melihatnya. Akhirnya kitapun berhenti di pinggir jalan tempat berbagai macam sovenir dijual.




     Seru juga waktu rombongan turun dari bus dan langsung menyerbu tempat sovenir yang begitu banyak, terutama ibu - ibu termasuk aku, hehehe ... mulai deh kita saling tawar menawar harga barang - barang yang di jual, mulai dari batik khas madura, berbagai macam sovenir, baju yang berlogo Suramadu dan makanan khas Madura.




     Berhubung yang jualan orang Madura asli, jadi kebanyakan mereka menggunakan bahasa daerah Madura dalam berkomunikasi walaupun mereka juga kadangkalah menggunakan bahasa Indonesia, sedangkan ibu - ibu rombongan banyak yang tidak mengerti bahasa daerah Madura, jadinya aku langsung ditunjuk sebagai jubir ( juru bicara ) supaya transaksi lebih lancar karena kebetulan aku bisa berbicara dbahasa Madura, hahaha ... Tapi benar saja, aku dikira penjualnya orang asli Madura jadi setiap aku nawar barang langsung berhasil dan mendapatkan harga murah yang jauh dari harga awalnya. Ibu - ibu jadi senang sekali karena aku bisa membantu mereka menawar barang dengan harga yang sangat murah sehingga kocek mereka nggak terlalu dalam dikeluarkan untuk membeli barang - barang yang diinginkan, hahaha .... ( sebenarnya itu semua hanya faktor kebetulan saja sih ). Senang juga sih bisa bantuin ibu - ibu menawarkan harga barang yang diinginkan.




     Aku sendiri hanya beli kaos yang berlogo Suramadu buat anak - anakku dan lebih banyak membeli makanan khas Madura seperti rengginang lorjuk dan karepek sabreng. 




     Akhirnya setelah puas berbelanja, rombongan pun mulai berputar arah balik ke Surabaya untuk pulang ke Lumajang, sehingga kita melewati lagi penyeberangan Jembatan Suramadu waktu hari sudah mulai malam sehingga kali ini kita bisa melihat secara langsung cahaya lampu yang ada di jembatan karena sudah mulai dinyalakan. Cepat - cepat aku ambil lagi gambar jembatan di waktu malam dan dihiasi oleh keindahan lampu warna warni, ternyata hasil gambarku banyak yang gelap dan pudar sehingga tidak tampak gambarnya.Ya sudah, akhirnya aku hanya bisa menikmati keindahan Jembatan Suramadu secara langsung saja tanpa bisa mengabadikannya.

     Puas rasanya jalan - jalan kali ini bersama satu rombongan RT di lingkunganku yang membuat perjalanannya semakin seru dan ramai saja. Anak - anakku juga sangat senang dan besok harinya kaos logo Suramadu langsung dipakai dan mulai bercerita ke teman dan saudara di Lumajang. Hahaha ... namanya juga anak - anak, pasti sangat antusias bercerita kalau sudah mengalami peristiwa yang sangat seru dan menyenangkan hatinya.

     Kapan - kapan giliran kalian yaaa ... yang jalan - jalan ke Jembatan Suramadu, selain murah meriah pasti puas deh kalau sudah pergi kesana. Buruaaann ...
Jembatan ini terletak di kota Surabaya yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan ini menghubungkan pulau jawa dengan pulau madura. Pada malam hari pemandangan jembatan ini sangatlah menakjubkan karena dihiasi dengan bebagai lampu warna-warni. - See more at: http://wisatajalanku.blogspot.com/2013/12/tempat-wisata-di-jawa-timur.html#sthash.F3ElwezL.dpuf
Jembatan ini terletak di kota Surabaya yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Jembatan ini menghubungkan pulau jawa dengan pulau madura. Pada malam hari pemandangan jembatan ini sangatlah menakjubkan karena dihiasi dengan bebagai lampu warna-warni. - See more at: http://wisatajalanku.blogspot.com/2013/12/tempat-wisata-di-jawa-timur.html#sthash.F3ElwezL.dpuf

6 komentar:

  1. Thanks gan atas infonya. ..... salam hangat
    PPOB GRATIS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hangat juga buat CV Mandiri, mudah - mudahan info yang saya berikan bisa bermanfaat, Aamiin ...

      Hapus
  2. Bagus fotonya.. saya sudah menulis beberapa referensi wisata di Madura melalui jembatan suramadu ini.. coba baca disini:

    Sejarah dan Wisata di Suramadu

    BalasHapus