Pengikut

Sabtu, 14 Desember 2013

Red Velvet Cake in Jar





     Cake in jar kali ini khusus aku buat untuk event LBT. Senang sekali saat event ini baru di mulai, melihat cake yang bisa dimasukkan ke dalam toples / wadah kecil, membuat cake ini semakin terlihat cantik dan lucu sehingga bikin gemes siapa saja yang melihatnya. 

     Selain aku penasaran dengan proses memasukkan cakenya ke dalam toples karena aku membayangkan ingin aku hias secantik mungkin, hihihi ... aku juga penasaran dengan base cake yang aku pilih yaitu red velvet cake, karena aku belum pernah sama sekali membuat red velvet cake dan sekaranglah aku mulai mencobanya biar tidak penasaran lagi.



      Akhirnya rasa penasaranku terbayar sudah. Puaasss ... rasanya melihat hasilnya. Cake in Jar-nya terlihat mewah dan sangat elegan dengan kombinasi layer warna merah dan putih yang sangat kontras serta tambahan ornamen taburan bunga icing merah kecil, taburan serutan coklat putih dan taburan spikle silver di atasnya, membuat cake ini semakin cantik sekali dilihat.




     Bukan hanya bentuk dan penampakannya saja yang cantik dan elegan. Rasanya pun nggak kalah mewahnya. Kelembutan red velvet yang sangat moist dipadu dengan cream cheese frosting yang lembut sekali, membuat cake ini semakin yummy dan very delicious .... Perfect ...!!!




     Cake in Jar kali ini resepnya aku ambil dari NCC, tetapi aku hanya menggunakan setengah resep saja karena toples yang aku punya hanya sedikit. Oh ya ... untuk menikmati cake in jar ini lebih enak jika disajikan dalam keadaan dingin karena sensasinya semakin terasa ...


Red Velvet Cake in Jar
Source  :  Ibu Fatmah Bahalwan
By  : Rita Candrasari

Bahan A  :
200 gr terigu protein sedang
10 gr coklat bubuk
1/2 sdt garam

Bahan B  :
225 ml minyak goreng
250 gr gula halus
3 btr telur
1 sdt vanili bubuk
pewarna merah secukupnya ( jika menggunakan pasata red velvet, pewarna tidak dibutuhkan lagi )

Bahan C  :
50 ml jus bitroot ( dapat diganti dengan 50 ml air + 1 sdt pasta red velvet )

Bahan D  :
150 ml susu segar / UHT
2 sdm air lemon / jeruk nipis / cuka

Bahan E  :
1 sdt soda kue
1 sdt air lemon / jeruk nipis / cuka




Cara membuat  :
  1. Aduk bahan D, diamkan agar mengental menjadi butter milk. Sisihkan.
  2. Campur semua bahan A lalu ayak. Sisihkan.
  3. Kocok gula halus dan minyak sampai rata. Masukkan telur satu per satu sambil di kocok hingga rata. Tambahkan jus bit, pewarna dan vanili aduk rata.
  4. Masukkan bahan A ke dalam adonan, aduk hingga tercampur rata.
  5. Tambahkan butter milk. aduk rata. Tuang bahan E, aduk rata.
  6. Tuanga adonan ke dalam loyang 30 cm yang telah dialasi kertas roti dan diolesi dengan margarin. Panggang sampai matang.
Cheese Frosting  :

Bahan  :
125 gr cream cheese
50 gr gula halus
25 gr butter
200 gr whipping cream, kocok kaku

Cara membuat  :
  1. Campur cream cheese, butter dan gula bubuk lalu kocok hingga lembut.
  2. Masukkan whipped cream kaku sedikit demi sedikit sambil terus di kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.
Penyelesaian  :
  1. Letakkan satu lembar cake yang sudah di potong bulat sesuai ukuran toples ke dalam toples, basahi dengan jus bit, poles cheese frosting hingga rata.
  2. Timpa lagi di atasnya satu lembar cake, basahi dan poles lagi, lakukan hingga menjadi tiga layer cake.
  3. Terakhir poles seluruh permukaan cake dengan chese frosting. Hias sesuai selera.


    

     Cake in jar ini memiliki banyak kejutan, selain di kemas dalam toples-toples kaca yang sangat cantik dan lucu dengan ornamen pita yang menghiasi di sekeliling tutup toples, ketika tutup toples di buka langsung saja Taraaammm ... kita di buat terkejut dengan hiasan yang tidak kalah cantiknya. Belum lagi kejutan selanjutnya oleh rasa cake dan cream cheese frosting yang sangat nikmat dan memanjakan lidah siapa saja yang memakannya.



Cake in Jar memang sangat cocok disajikan dalam moment penting
dan kali ini ku persembahkan Cake in Jar ini hanya untuk mu LBT ... Muuaaahhh ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar