Pengikut

Sabtu, 05 Oktober 2013

Bola Kacang Gula Jawa

 


     Sebenarnya aku buat cemilan ini untuk ikutan event Masbar ( Masak Bareng yuukk ) Edisi Kacang-kacangan. Tapi karena udah terlambat buatnya sedangkan bahan udah ada semua, ( sebenarnya sih akunya yang belum tau gimana cara ikutan event itu, hihihi ... geptek lagi ... geptek lagi ...) ya udah akhirnya aku tetep semangat buat bikin cemilan yang satu ini buat koleksi resep di blogku saja, hahaha ... (menghibur hati nih ceritanya ... )

     Kalo untuk rasa, bola kacang ini di jamin enak bangeeett ... rasanya mirip ting - ting  kacang. Sebenarnya di resep aslinya yang aku ambil dari NCC yang di tulis sama Mbak Fatmah Bahalwan hasil akhir kacangnya nggak menggumpal kayak punyaku, karna aku nggak kuat menguleninya hingga kacang benar - benar berpencar, akhirnya aku berinisiatif untuk aku buat bola - bola saja ( lagi - lagi menutupi sisi kelemahanku, hihihi ... ). Tapi aku puas dengan hasil akhir karyaku hari ini, terlihat cantik dan tentu saja enak rasanya. Nggak percaya ... coba sendiri deh, di jamin ketagihan ...



Ini resep yang aku adaptasi dari blog NCC yang sedikit aku modifikasi

Bola Kacang Gula Jawa
Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan  :
1 kg Kacang tanah kupas, panggang hingga matang. Sisihkan
100 gr gula palm
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam
60 ml air
2 sdm madu

Cara membuatnya :
  1. Taruh dalam wajan tebal, gula palm, gula pasir, garam dan air, masak dengan api sedang hingga gula kental berambut.
  2. Tuangi madu, aduk rata, tuang kacang tanah panggang, aduk rata terus hingga kacang terbalut gula secara rata.
  3. Matikan api. Panas - panas bentuk kacang menjadi bulat - bulat seperti bola dengan bantuan sendok. lakukan atau di kepal - kepal dengan tangan dengan bantuan kain bersih supaya tangan nggak kepanasan. Lakukan sampai adonan habis. ( Proses bulat - bulatnya harus cepat yaaa karena adonan kacang cepat mengeras dan dingin sehingga akan lebih sulit untuk membulatkannya )
  4. Dinginkan. Kemas dalam toples rapat.


    

2 komentar:

  1. Wah....enak nih kayanya....kpn2 bs di coba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo .... mbak isna susanto, boleh di coba kok, bikinnya gampang banget loh ...

      Hapus