Pengikut

Kamis, 31 Oktober 2013

Puding Zebra





     Di penghujung bulan ini, aku pingin banget bikin yang manis - manis lembut dan dingin. Maklum di kotaku sekarang ini kalau pas siang hari panasnya minta ampuuunn ... Akhirnya, jatuh pilihanku untuk membuat Puding Zebra resep Mbak Hesti yang lembut bangeett dan terasa coklatnya. Heeemmm ... kebayang kan gimana rasanya ....
     Begitu si Puding Zebra keluar dari lemari pendingin, langsung saja anak - anakku pada ngantri ingin segera mencicipi lezatnya puding ini. Tapi tetap saja aku tahan dulu, buat mempublikasikan si Puding Zebra ini. Puding Zebra ini selain teksturnya yang sangat lembut, rasa coklat yang mendominan, juga ada aroma gurih di setiap gigitannya. Kalau nggak percaya, ini dia resepnya yang sedikit aku modifikasi :


Puding Zebra
Sumber : Hesti Kitchen

Bahan  :

2     bks agar - agar warna putih
1/2  kaleng susu kental manis
5     butir telur
2     sdm margarin
2     sdm tepung terigu yang di sangrai ( aku pake custard powder )
300 gr gula pasir
50   gr coklat bubuk ( larutkan dengan sedikit air panas )
3     bks vanili
1/4  sdt garam
1200 ml air

Cara membuat  :
  1. Campur gula, garam, telur dan sebagian gula. Kocok pelan menggunakan whisk asal rata, jangan sampai berbusa. Tambahkan custar powder, aduk rata. Tambahkan susu kental manis, aduk rata. Bila bergerindil saring terlebih dahulu. Sisihkan.
  2. Masak agar - agar, vanili, separuh bagian gula, margarin dan air, sambil terus di aduk - aduk hingga mendidih, ( harus benar - benar mendidih agar adonan telur tadi matang ). Panas - panas tuang adonan telur ke dalam agar - agar sambil terus di aduk dengan cepat sampai rata dan meletup - letup. Matikan kompor.
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, yang satu tambahkan larutan coklat bubuk dan masak sebentar dengan api sedang.
  4. Siapkan cetakan puding yang telah dibasahi dengan air terlebih dahulu. Jika menggunakan cetakan yang berlubang tengahnya seperti tulban bisa di tutup lubang di tengahnya degan gelas, karena penuangan adonan dilakukan di atas gelas tadi.
  5. Tuang secara bergantian adonan coklat dan putih ( bisa menggunakan cangkir atau sendok sayur dengan ukuran yang sama ) pelan - pelan di atas gelas tadi sampai adonan habis. Lalu lepas atau keluarkan gelas dari cetakan, baru kemudian didinginkan ke dalam lemari pendingin.




Ini dia penampakan puding zebra yang baru keluar dari lemari pendingin 





Aku menggunakan cetakan puding yang kecil sehingga menghasilkan dua buah puding zebra




Tuuuhh ... liat batik zebra yang di hasilkan, nggak tahan untuk segera di nikmati



2 komentar:

  1. custard powder itu ada yang jual instant atau buat sendiri ya? biasanya merk apa? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mbak Riga Noprigawati ....
      Custard powder banyak di jual di TBK (Toko Bahan Kue) ada yang dijual dalam kemasan kaleng dan ada juga yang dijual los - losan / timbangan.

      Hapus