Pengikut

Rabu, 11 Desember 2013

Pancake Durian



     Musim durian sudah tiba, buah yang banyak sekali penggemarnya termasuk aku, hihihi ... Kebetulan sekali pas lagi ada orderan snack box dari Universitas Lumajang, mereka mempercayakan aku untuk memilih isi kue snack box-nya. Langsung saja aku memilih pancake durian untuk salah satu jenis kue snack box-nya. Selain aku juga penasaran gimana rasanya ( maklum, selama ini aku belum pernah mencicipi apalagi membuatnya, hanya membayangkan saja, hehehe ... ), akhirnya aku bulatkan tekat untuk membuatnya biar tidak penasaran lagi, hihihi ... ( meskipun harga durian mahal sekali ... )




     Ternyata benar, pancake durian ini memang benar - benar yummy .... Kelembutan dari wipping cream dan rasa durian yang menonjol, membuat lidah terasa dimanjakan. Apalagi kulit pancakenya yang juga lembut, membuat teksturnya semakin sempurna. Pantas saja kalau pancake durian ini mempunyai nilai dan penggemar yang banyak, karena memang rasanya yang tidak pernah bohong. Aku saja langsung jatuh cinta dan membuat lupa dengan kolesterol deh, hahaha ... Selain itu pancake durian sangat enak kalau dimakan waktu dingin, seperti ada rasa es grim di dalamnya, wiiiiihhh ... semakin sensasi saja rasanya ...




Pancake Durian 
Source : Yeni Elisabet
By : Rita Candrasari

Bahan  :
Kulit  :
500 ml susu segar
250 gr tepung terigu
3 btr telur
3 sdm gula pasir
1/2 sdt pasta pandan + 1 tetes pewarna makanan hijau muda
1 sdm margarin

Isi  :
250 gr daging durian yang dihaluskan.
250 gr whipping cream bubuk + 100 ml air es.

Cara Membuat  :
Kulit :
  1. Campur jadi satu susu, tepung terigu, gula pasir, telur, aduk hingga rata dan halus dan tidak bergerindil ( jika perlu di saring )
  2. Masukkan pasta pandan, aduk hingga rata.
  3. Dadar adonan ke dalam wajan teflon satu persatu hingga adonan habis.
Isi  :
  1. Kocok whipping cream sampai mengembang dan kaku.
  2. Masukkan daging durian ke dalam whipping cream, lalu kocok lagi hingga rata.
Penyelesaian  :
  1. Ambil satu lembar kulit pancake, isi dengan adonan whipping cream satu sendok makan
  2. Lipat seperti melipat amplop. Lakukan hingga semua kulit habis
  3. masukkan ke dalam lemari pendingin
  4. Siap dihidangkan
Catatan  :
Pada saat mendadar, kulitnya jangan sampai kering, karena akan menyebabkan patah saat di lipat menjadi amplop
Dadar kulit setipis mungkin, ini juga akan menghindari patahnya kulit pada saat di bentuk amplop
Kalau mau lebih terasa daging duriannya, bisa ditambahkan daging durian yang tidak dicampur ke whipping cream. Jadi, ambil satu lembar kulit, isi dengan adonan whipping cream lalu tah\mbahkan lagi daging duriannya.
 



     Pancake durianku kali ini agak sedikit tipis dan tidak gendut seperti pancake durian pada umumnya, karena memang aku sengaja buat yang tipis agar bisa terjangkau harganya, hihihi ... ( maklumlah, karena ini kue pesanan yang permintaanya dengan harga yang ekonomis ). Yang pasti, aku sangat puas dengan rasa, tekstur dan penampilannya. Semuanya sangat indah ... Tapi, lain kali aku akan membuatnya lagi dengan penampilan yang lebih gendut, hihihi ...



Untuk segigit pancake durian dingin nggak akan pernah cukup ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar