Pengikut

Jumat, 27 Desember 2013

Puding Mangga



     Lagi musim mangga nih ... apalagi pohon mangga di rumah buahnya sudah banyak yang matang. Senang juga bisa panen mangga sendiri. Jenis mangga di rumah adalah mangga gadung sama mangga manalagi. Setiap musim mangga selalu aku kirim ke surabaya buat kakak dan adikku yang kebetulan tinggal di sana. Selain itu, aku juga selalu membagikan kepada tetangga dekat rumah dan keluarga yang ada di lumajang.

     Kali ini, nggak ada salahnya aku sedikit berkreasi dengan buah mangga yang biasanya hanya dimakan begitu saja. Apalagi anak - anak minta dibuatkan puding, akhirnya aku buat puding mangga saja buat anak - anakku.




     Tekstur puding ini sangat lembut dan terasa sekali aroma mangganya. Aku juga mencetaknya di cetakan silikon bentuk bunga matahari. Benar saja, begitu puding ini aku keluarkan dari cetakan langsung saja aku tersenyum senang karena bentuknya sangat cantik sekali. Apalagi aku buat gradasi dua warna : kuning muda dari warna alami buah mangga dan oranye dari pewarna makanan. Selain itu ada taburan kismis yang aku gunakan sebagai pengganti benang sari. Benar - Benar suka aku melihatnya ...




Puding Mangga
By  :  Rita Candrasari

Bahan  :

3 bungkus agar - agar plain / putih
300 gr gula pasir
1500 susu cair
3 buah mangga gadung yang besar, dihaluskan / blender
Pewarna makanan warna oranye
Kismis untuk taburan ( rendam dalam air hangat / jeruk lemon / jeruk nipis )


Cara membuat  :
  1. Campur semua bahan jadi satu dalam panci kecuali kismis, lalu masak di atas api sambil terus di aduk hingga mendidih. Matikan kompor.
  2. Basahi loyang dan tata kismis di tengah loyang.
  3. Ambil sedikit adonan dan beri sedikit pewarna oranye
  4. Tuang perlahan sedikit adonan warna kuning mudah di atas kismis agar kismis kokoh, setelah agak kaku tuang adonan oranye ke seluruh kelopak pertama. Tunggu hingga adonan agak kaku. Jika adonan puding yang belum di tuang sudah agak kental, bisa dipanaskan sebentar di atas api agar cair kembali.
  5. Setelah adonan oranye sudah agak kaku, tusuk - tusuk dengan garpu atau tusuk gigi supaya adonan berikutnya bisa menyatu dengan sempurna dengan adonan pertama. 
  6. Tuang adonan kuning muda ke seluruh kelopak kedua. Biarkan hingga agak kaku
  7. Tuang kembali sisa adonan oranye dan setelah kaku tuang seluruh adonan kuning ke dalam loyang.
  8. Masukkan ke dalam lemari pendingin hingga beku dan sajikan.



Cantiknya Puding Manggaku ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar