Pengikut

Senin, 30 Desember 2013

Puding Kiwi



     Sebenarnya puding ini sudah aku buat agak lama, hanya saja baru bisa aku posting sekarang. Puding ini pertama kali aku lihat di blog Citarasawan. Begitu aku lihat, langsung suka dengan tampilannya yang sangat cantik apalagi selama ini aku belum pernah membuat puding dengan bahan dasar buah kiwi. Walaupun ada modifikasi sedikit dari resep aslinya karena aku sesuaikan dengan bahan yang ada di rumah.





     Tekstur puding ini lembut dan kenyal. Sedangkan rasanya sangat segar dan manis dari buah kiwi yang mendominan. Tampilannya pun sangat cantik dan menggemaskan.

     Seisi rumah suka semua dengan puding ini, apalagi anak - anak senang sekali pas pudingnya sudah jadi langsung semuanya berebut, apalagi si kecil Azza langsung bilang pudingnya lucu ... 

     Waktu puding ini mulai di santap, anakku yang pertama dan kedua ( Afif dan Adit ) langsung minta dibuatkan lagi besok. Wow ... senang rasanya kalau semua anakku suka semua. Mungkin karena rasanya yang segar dan tidak enek yang membuat mereka suka sekali dengan puding ini.




Puding Kiwi
Source  :  Citarasawan
By  :  Rita Candrasari

Lapisan Susu  :
1 bks agar - agar putih / plain
450 ml susu cair
80 gr gula pasir
1/4 sdt garam
sedikit pasta jeruk lemon / pewarna makanan kuning muda

Lapisan Kiwi  :
2 bks agar - agar putih / plain
3 buah kiwi yang besar ( blender hingga halus dengan 250 ml air )
750 ml air
175 gr gula pasir
1/2 sdt garam
sedikit pewarna makanan hijau apel

Hiasan  :  2 buah kiwi belah jadi dua dan iris tipis - tipis

Cara membuat  :
  1. Siapkan cetakan puding bentuk kaleng dan basahi dengan air
  2. Campur semua bahan lapisan susu dan masak hingga mendidih. Tuang ke dalam cetakan setinggi 1 cm dan biarkan agak beku. Tata irisan kiwi di atas agar -  agar mengelilingi cetakan, tusuk - tusuk dengan garpu jika puding sudah mulai membeku.
  3. Campur semua bahan lapisan kiwi dan masak hingga mendidih. Tuang perlahan - lahan di atas lapisan agar - agar susu dan usahakan agar irisan kiwi tidak berubah.  Masukkan ke dalam lemari pendingin supaya cepat membeku. Tusuk - tusuk dengan garpu.
  4. Panaskan sisa lapisan susu hingga mencair. Tuang di atas lapisan kiwi. 
  5. Simpan di dalam lemari pendingin sebelum di hidangkan.
  6. Sisa puding lapisan kiwi, bisa di potong kotak kecil - kecil untuk hiasan puding.




Puding Kiwi ini sangat cocok di makan saat dingin dan sangat cantik jika disajikan untuk jamuan sebagai makanan penutup.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar