Pengikut

Sabtu, 09 November 2013

Bluder Cake Pisang



     Tantangan dari Masbar kali ini bikin " Bludeeerrr ... ". Langsung saja aku cari tahu di mbah Gogle tentang si Bluder ini. Ternyata ada dua versi bluder, yaitu : Bluder Roti dan Bluder Cake, dimana kesemuanya sama - sama memakai ragi. Akhirnya pilihanku jatuh pada Bluder Cake, karena keingin tahuanku dan rasa penasaran gimana rasanya sebuah cake yang di beri ragi, sedangkan kalau roti kan sudah umum kalau di beri ragi.
   
     Kebetulan tempo hari keponakan dari suamiku bawa oleh - oleh pisang kepok ( kalau di daerahku namanya pisang gajih ). Langsung saja aku manfaatin untuk di buat bluder cake pisang. Pilihan resep langsung aku intip di Sajian Sedap walaupun takaran tepungnya sedikit aku kurangi dan teknik pemanggangannya aku gunakan teknik au bain marie (teknik memanggang di atas air) dan pemberian buah pisangnya aku gunakan teknik pineaple upside down cake. Ternyata hasilnya sangat cantik, teksturnya lembut dan rasanya jadi lebih moist.




Bluder Cake Pisang
By  :  Sajian Sedap


Bahan biang  :
1/2 sdm ragi instan
1 sdt gula pasir
100 ml air hangat ( aku menggunakan susu hangat )

Bahan  :
200 gr margarin
75 gr gula pasir halus ( aku menggunakan gula bubuk / gula halus )
50 gr gula palem / brown sugar
150 gr pisang ambon, dihaluskan ( aku menggunakan pisang kepok / gajih )
4 btr telur
320 gr tepung terigu protein sedang ( aku menggunakan 275 gr )
20 gr susu bubuk ( aku menggunakan 50 gr )
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdt baking powder
100 gr kismis, di potong kotak kecil ( aku skip, aku ganti 3 bh pisang gajih di potong bulat - bulat )

Cara membuat  :
  1. Biang : larutkan ragi instan, gula pasir dan air / susu hangat. Diamkan 15 menit sampai berbusa.
  2. Kocok margarin, gula pasir halus dan gula palem sampai lembut. Tambahkan pisang. Kocok perlahan.
  3. Masukkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil di ayak dan di kocok perlahan.
  4. Masukkan sisa tepung, susu bubuk, kayu manis bubuk dan baking powder sambil di ayak dan di kocok perlahan bergantian dengan biang.
  5. Olesi loyang tulban diameter 23 cm dengan margarin dan taburi dengan tepung. Susun pisang yang sudah di potong bulat - bulat di atas loyang secara melingkar mengelilingi loyang.
  6. Tuang adonan di loyang. Diamkan selama 45 menit sampai mengembang.
  7. Oven dengan suhu 180 C, dengan catatan : rak bawah di beri loyang yang berisi air dan adonan cake diletakkan di rak kedua, untuk menghindari kebocoran pada loyang agar air tidak masuk ke dalam adonan. Oven selama kurang lebih 30 - 40 menit atau hingga matang setelah di tes tusuk lidi terlihat bersih
  8. Keluarkan dari oven, tunggu hingga dingin lalu keluarkan dari loyang. Balik lagi cake agar terlihat susunan pisangnya. Sajikan.




     Alasan kenapa aku menggunakan teknik au bain marie, karena ingin menyelamatkan si pisang yang aku buat topping agar tidak hangus ke bakar dan akhirnya biar tetap terlihat cantik ( ini memang teknik akal - akalanku saja, hihihi ... ) Tapi, ternyata memang benar - benar cantik dan tidak mengurangi dari cita rasa bluder itu sendiri. Apalagi paduan aroma dan rasa dari gula palem dan kayu manis yang harum dan legit, sangat kontras dengan pisang yang terasa harum, legit dan manis juga. Setiap kali menggigitnya terasa dimanjakan deh ...




     Tuuuhh ... liat, bener kan ... teksturnya lembut dan moist. Sedangkan penampakannya cantik banget dengan susunan pisang yang sangat menggoda dan sempurna karena tidak ada yang kebakar selama proses pengovenan.



     Tapi ada sedikit kecelakaan kecil saat aku membalikkan cakenya untuk menampakkan pisangnya, tiba - tiba saja cake yang ingin aku balik meleset dari tangan dan sukses meluncur membentur piring yang ada di bawahnya. Alhasil penampilannya jadi sedikit cedera, ( hihihi ... kayak kecelakaan saja ). Tapi semua itu tertutupi oleh penampakan aslinya yang memang benar - benar cantik dan agak eksotik, hihihi ... ( menghibur diri nih, ... ).




Ini dia penampakan asli Bluder Cake Pisangku yang sedikit cedera. Mudah - mudahan bunda admin bisa memakluminya atas kecelakaan yang tidak di sengaja, karena inner beauty dari cake ini tetap terpancar keluar ( Cyiiiaaahh ... sok romantis nih ... )

Sukses selalu buat Masbar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar