Pengikut

Senin, 18 November 2013

Marble Almond Chocolate Chip Biscotti

LBT#27  :  BISCOTTI





     Untuk tantangan kali ini LBT#27 mengambil tema " Biscotti ". Seumur - umur baru kali ini dengar nama biscotti. Ternyata biscotti adalah nama biskuit yang berasal dari Itali. ( Wiiihhh ... jauh banget ya tanah kelahirannya ... ) dan ternyata kukis nan kering ini lagi naik daun sekarang, biasanya ada di cafe - cafe terutama di kota besar sebagai suguhan saat minum kopi. Selain itu biscotti sendiri punya beberapa nama yang berbeda di tiap negara ( kebayang kan kalau biskuit ini begitu populer sampai - sampai mempunyai nama yang banyak dan berbeda di tiap negara ).

     Aslinya sih, biscotti ini jaman dahulu di buat untuk ransum tentara karena bisa bertahan lama dan bertekstur keras karena dalam pembuatannya tanpa menggunakan butter / mentega, sehingga kukis ini selalu ada sebagai perbekalan perang. Tetapi, seiring dengan perkembangan jaman biscotti banyak mengalami perubahan menjadi kukis yang sangat renyah karena dalam pembuatannya telah ditambahi butter / mentega ataupun vegetable oil.



     Tuuuhhh ... lihat saja tekstur biscotti yang garing dan renyah, ditambah aroma dan rasa almond dan coklatnya yang benar - benar menggoda, sehingga siapa saja nggak akan tahan ingin segera menggigitnya.




     Setiap gigitannya hingga akhir slalu terdengar kriyuuukk ... karena begitu renyahnya, dan rasa almond dan coklat yang kental, membuat lidah ini nggak mau berhenti hingga tanpa disadari kukisnya sudah hampir habis, hihihi ... apalagi anak - anakku nggak ada yang mau berhenti, sampai kukis yang paling akhir saling berebut juga. Akhirnya biscotti ini hanya bertahan kurang dari sehari di dalam toples, karena semuanya sudah habis dimakan bersama - sama. ( hahaha .... semuanya nggak mau berhenti karena sukaaaa banget sama kukis ini )

     Dari pada penasaran terus, yuk kita intip sama - sama resep biscotti yang aku adaptasi dari Sajian Sedap.

Marble Almond Chocolate Chip Biscotti
By : Sajian Sedap

Bahan  :
125 gr mentega tawar
200 gr gula tepung
2 butir telur
1 kuning telur
150 gr almond bubuk ( aku menggunakan almond biasa yang di blender )
1/2 sdt esens almond ( aku menggunakan 1 sdt esens almond )
250 gr tepung terigu protein sedang
25 gr susu bubuk
2 sdt baking powder ( aku pakai baking powder doble acting )
100 gr dark cooking chocolate, lelehkan

Cara membuat  :
  1. Olesi loyang dengan margarin agak tebal.
  2. Kocok mentega tawar dan gula tepung sampai lembut selama 2 menit. Tambahkan telur satu per satu sambil dikocok rata.
  3. Masukkan almond bubuk dab esens almond. Aduk rata. Tambahkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil di ayak dan di kocok rata. Tambahkan coklat chip, aduk asal rata.
  4. Masukkan dark cooking chocolate leleh di beberapa tempat. Aduk pelan dengan spatula. Bagi dua adonan. Tuang ke dalam loyang yang telah diolesi margarin.
  5. Oven 30 menit atau hingga masak menggunakan tes tusuk bersih dengan suhu 180 C. Angkat dan dinginkan.
  6. Keluarkan adonan dari loyang dan biarkan dingin betul. Iris - iris tipis. Tata di loyang tanpa di oles. Oven lagi kurang lebih 20 menit dengan suhu 150 C sampai kering.
  7. Setelah dingin, masukkan toples dan sajikan.




Ini penampakan biscotti yang baru saja keluar dari proses pengovenan pertama. Terlihat marblenya kan .... dan aromanya sudah tercium se-antero jagad. Sedangkan loyangnya aku menggunakan bentuk setengah lingkaran panjang yang biasanya digunakan untuk membuat puding.




Biscotti yang sudah dingin dan di iris tipis - tipis




Biscotti siap untuk proses pengovenan ke dua, untuk menciptakan biskuit yang garing dan renyah




Taraaammm ... Biscotti sudah berpose di dalam keranjang cantik nih ...
Siap bergabung dengan teman - teman LBT#27



2 komentar:

  1. belum bikin aku mbak,,,,,hehehehe jadi penasaran,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ver ndang bikin ... biar nggak penasaran terus, hihihi ...
      Di tunggu sama teman2 LBT lohhh ...

      Hapus