Pengikut

Kamis, 14 November 2013

Fruity Butter Cake



     Awal buat cake ini karena ada PR di Dapur Aisyah yang temanya " Butter Cake ". Butter cake biasanya selalu identik dengan pembuatan cake secara utuh dalam satu loyang yang dalam penyajiannya harus di potong terlebih dahulu dan butter cake ini tergolong cake yang sangat cepat dalam proses pembuatannya, malah hampir sama dengan pembuatan cupcake.

     Akhirnya aku berpikir, kenapa nggak aku coba saja membuatnya dalam bentuk satuan dan alangkah cantiknya kalau di hias dengan buah - buahan di atasnya, karena rasanya monoton kalau hanya melihat butter cake yang polos tanpa hiasan apapun. Resepnya aku adopsi dari Anncoo Journal yang sangat terlihat cantik dan elegan dalam penampakannya.





     Waktu aku membaca resepnya, ternyata dalam penentuan bahan ada campuran tepung protein tinggi untuk membuat roti di dalamnya. Pertama aku nggak percaya, aku coba baca lagi memang benar ada tepung protein tinggi untuk bahan pembuatan fruity butter cake ini. Rasa penasaranku makin besar, karena gimana rasanya kalau sebuah cake menggunakan sebagian bahannya dengan tepung protein tinggi
.



     Ternyata rasanya enak, empuk dan moisy apalagi di tambahan kesegaran dari buah - buahan asli itu sendiri sebagai toppingnya. Terasa banget di setiap gigitannya begitu empuk dan segar sekali. Kalau di resep aslinya menggunakan buah blueberry dan strawberry sebagai hiasannya, sedangkan aku menggunakan anggur lokal kecil yang warna hitam dan strawberry. Maklumlah di negara kita kan nggak pernah ada yang namanya blueberry, ya terpaksa aku ganti dengan anggur lokal yang bentuk dan warnanya hampir sama dengan blueberry. Rasa anggur hitam ini ternyata lebih kontras dengan cakenya daripada rasa strawberry yang memang masih menonjol keasamannya.




Fruity Butter Cake
By : Anncoo Journal

Bahan  :
200 gr butter
150 gr gula halus
4 sdm yogurt
1 bks kecil vanili
3 btr telur ukuran besar
120 gr tepung protein sedang
70 gr tepung protein tinggi
Beberapa buah strawberry dan anggur lokal hitam

Cara membuat  :
  1. Olesi loyang dengan mentega dan di taburi tepung
  2. Maxer dengan kecepatan sedang butter dan gula hingga rata
  3. Tambahkan yogurt dan vanili, maxer sampai menyatu
  4. Tambahkan telur satu per satu sambil terus di maxer
  5. Hentikan maxer. Tuang tepung ke dalam adonan sambil di ayak, lalu aduk perlahan - lahan dengan spatula hingga rata.
  6. Sendok adonan ke dalam cetakan kecil. Letakkan strawberry dan anggur hitam di atasnya. Jangan di tekan.
  7. Panggang pada suhu 180 C. Oven selama sekitar 20 menit.
  8. Keluarkan dari oven dan biarkan hingga dingin, baru cake di keluarkan dari cetakan dan ditaburi gula halus / bubuk salju di atasnya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar