Pengikut

Selasa, 05 November 2013

Kucur





         Kali ini aku buat kue tradisional " Kucur " asli dari Pulau Jawa, dimana proses pembuatannya sangat simpel dan mudah banget. Aku bikin kue ini dalam rangkah memperingati 1 Muharram 1435 H yang jatuh pada hari ini dan biasanya hampir di setiap Mushollah dan Masjid di kotaku Lumajang selalu ada acara malam 1 Muharram dengan membaca Do'a Awal Tahun sebanyak 3x sehabis sholat Maghrib berjama'ah. ( jadi acaranya sudah kemarin malam dan bikin kucurnya juga sudah kemarin, hanya uploadnya saja baru bisa sekarang ). 

     Kue ini aku kirimkan ke masjid dekat rumahku untuk para jama'ah di masjid, ibu - ibu yang lainpun juga ada yang membawa makanan dan kue -kue yang beraneka ragam. Memang senang sekali kalau ada acara keagamaan di daerahku, mulai anak kecil sampai yang tua semuanya guyub ikut meramaikan acara keagamaan sambil mempererat tali silahturahmi.

     Sebenarnya, jujur aku belum pernah bikin kue kucur ( takuuutt .... karena di otakku sudah bayangin pasti ribet dan sulit nih bikinnya, hihihi ... nyerah sebelum berperang ). Setelah aku tanya iyukku, ternyata dia pinter banget bikin macam - macam kue tradisional. (waaahhh ... senengnya aku, bisa nimbah ilmu banyak nih dari iyukku). Selain itu, iyukku ternyata sudah hafal luar kepala untuk resep - resep kue tradisional padahal sudah lanjut usiah dia. ( salut dan hebat banget deh .... malu rasanya pada diri sendiri yang malah sering lupa, hihihi ... )




     Aku membuat tiga macam rasa kucur sekaligus. Kucur pandan, kucur pisang, kucur gula jawa. Ternyata kucur ini tetap empuk walaupun sampai besok. Kalau rasanya benar - benar enak walaupun dengan bahan yang sederhana dan teksturnya empuk. Kalau aku paling suka yang rasa pisang dan gula jawa, karena rasanya benar - benar nendang, hihihi ...




Kucur
by : iyuk

Bahan  :

500 gr tepung beras
200 gr tepung terigu protein sedang
500 gr gula pasir ( kalau menggunakan gula jawa : 250 gr gula jawa + 250 gr gula pasir )
1/4 sdt garam
1 bks vanili, boleh juga pasta
3 gelas belimbing air hangat ( kurang lebih 700 ml air hangat )
2 buah pisang raja
minyak untuk menggoreng

Cara membuat  :
  1. Campur semua bahan jadi satu, beri air sedikit sambil terus di aduk ( aku nguleni pake tangan, kata iyukku biar ngerambut kuenya nanti dan gulanya cepat hancur juga tekstur kucur bisa empuk, hihihi .... lucu yaa ... ) kalau sudah dirasa gulanya sudah halus / larut, beri air lagi sedikit demi sedikit sambil terus di aduk. kalau masih bergerindil boleh di saring.
  2. Kucur pandan : setelah adonan menjadi encer, beri sedikit pasta pandan
  3. Kucur gula jawa : gula pasirnya di ganti separuh dengan gula jawa
  4. Kucur pisang : lumatkan pisang raja sampai halus seperti bubur dan masukkan ke dalam adonan
  5. Siapkan penggorengan yang telah di beri minyak ( minyaknya jangan banyak ) dan panaskan.
  6. Tuang adonan satu sendok / satu setengah sendok sayur ke dalam penggorengan. Gunakan api kecil
  7. Siram terus adonan dengan minyak, jika sudah mulai mengembang tusuk tengahnya dengan lidi agar cairan di dalam adonan keluar sambil terus di siram dengan minyak. Tidak perlu di balik, lalu angkat.
  8. Lakukan hingga adonan habis, tiriskan dan sajikan.



Ini dia, kucur tiga rasa yang aku kirim ke masjid.
Selamat Tahun Baru Islam 1435 Hijriyah

2 komentar:

  1. Salam Kenal Mbak Rita, wah kucurnya bikin ngiler mbak, bisa berserat bagusnya, kalau bikin aku selalu gagal mbak hee..kapan-kapan mau coba resepnya mbak ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak Elvira, ayo di coba n jangan patah semangat yaa ... siapa tahu yang sekarang nggak gagal lagi.

      Hapus